KEBERSIHAN LINGKUNGAN KAMPUS

 Kebersihan Lingkungan Kampus

Kebersihan Lingkungan merupakan faktor utama kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila lingkungan tidak bersih, maka segala aktifitas tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, disini saya anita purwati memberi contoh karangan ilmiah tentang Kebersihan Lingkungan kampus. Karena kampus merupakan tempat untuk sarana belajar dan mengajar, maka kampus tersebut haruslah bersih. Supaya para mahasiswa dan dosen merasa nyaman untuk melakukan Kegiatan Belajar Mengajar

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Mahasiswa mahasiswi universitas gunadarma akan merasa nyaman berada di lingkungan kampus yang lingkungannya bersih, bahkan bukan hanya para mahasiswa saja yang merasa nyaman berada di tempat yang bersih, para dosen pun akan merasakan nyaman dalam memberikan pelajaran kepada mahasiswa mahasiswi didiknya.

Namun pada kenyataannya lingkungan universitas gunadarma masih jauh dari harapan kebersihan yang maksimal. Untuk itu kami membuat karya ilmiah ini agar dapat membantu meningkatkan kebersihan lingkungan di universitas gunadarma.

Langkah awal yang harus dilakukan oleh para mahasiswa dan para dosen adalah harus membiasakan diri dengan kehidupan sehari-hari yang bersih di lingkungan sekita kampusr. Caranya adalah membuang sampah pada tempatnya.

Adapun cara-cara lain yang lebih menjurus ke kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari oleh para mahasiwa itu sendiri terjaga kebersihannya setiap hari. Dan juga setelah selesai membersihkan ruang kelas ataupun ruangan lainnya harus ada kesadaran didalam diri tiap individu untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun berada.

Didalam suatu kampus ada susunan organisasi para pengajar dan staf-staf lainya, salah satunya adanya Cleaning Service yang pekerjaannya adalah membersihkan seluruh lingkungan kampus di dalam dan di luar kampus.  Cleaning Service itu sendiri harus sadar akan kebersihan lingkungan kampus dan itu tanggung jawab pekerjaannya.

Jadi untuk meningkatkan kebersihan di kampus universitas gunadarma harus saling menyadari bahwa pentingnya kebersihan lingkungan sekitar kampus untuk kenyamanan kita dalam memberi dan menerima pelajaran agar kita lebih fokus dalam bidangnya masing-masing.

1.2  Rumusan Permasalahan

1.2.1   Bagaimana cara meningkatkan kebersihan lingkungan universitas gunadarma ?

1.2.2 Usaha apa saja yang harus dilakukan dalam meningkatkan kebersihan lingkungan      universitas gunadarma?

1.2.3     Untuk apa kita meningkatkan kebersihan lingkungan sekitar kampus ?

1.2.4     Siapa saja yang harus terlibat dalam usaha meningkatkan kebersihan lingkungan kampus universitas gunadarma?

1.3  Tujuan Penulisan

Penulisan kaya tulis ini bertujuan :

1.3.1     Memenuhi salah satu tugas mata kuliah softskill.

1.3.2     Mengetahui seberapa besar pengaruh kebersihan terhadap lingkungan sekitar kampus.

1.3.3     Ikut serta dalam upaya mengembangkan penanaman kebersihan pada diri mahasiswa.

1.3.4   Memberikan solusi atau masukan terhadap universitas gunadarma tentang kebersihan lingkungan agar tingkat kebersihan sekolah  di universitas gunadarma meningkat.

1.4  Metode Penelitian

1.4.1  Pengamatan atau survey terhadap beberapa lingkungan yang ada di universitas gunadarma.

1.4.2   Membuat dan menyebarkan pamflet disekitar lingkungan kampus.

1.5  Manfaat Penelitian

1.5.1   Sebagai sumbangan ide bagi pengelola lingkungan.

1.5.2 Sebagai salah satu alternatif cara meningkatkan kebersihan lingkungan universitas gunadarma.

1.5.3     Sebagai solusi terhadap kebersihan lingkungan di kampus.

1.6  Hipotesis

Pengolahan data dari hasil pengamatan kebersihan lingkungan kampus universitas gunadarama.  Adapun system penulisan dari Makalah Laporan Penelitian Sosial ini adalah :

•     BAB I, berisi tentang pendahuluan membahas tentang latar belakang, permasalahan, tujuan, manfaat, metode dan hipotesis.

•     BAB II, berisi tentang pembahasan.

•     BAB III, berisi tentang kesimpulan dan saran.

BAB II

PEMBAHASAN

Kampus merupakan lembaga formal yang berfungsi membantu khususnya orang tua dalam memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap kepada Mahasiswa didiknya secara lengkap sesuai dengan yang mereka butuhkan. Kebersihan lingkungan merupakan komponen yang mempengaruhi dalam melaksanakan aktifitas belajar mengajar.Kebersihan juga merupakan syarat mutlak untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kampus

Pada kenyataannya yang terlihat saat ini di universitas gunadarma adalah masih minimnya tingkat kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kampus. Adapun penyebab minimnya kebersihan lingkungan di kampus adalah fasilitas alat kebersihan yang kurang memadai disetiap ruang kelas ataupun ruangan lainnya. Serta kurangnya tingkat kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah,  seperti membuang sampah sembarangan meskipun telah disediakan tempat khusus untuk membuang sampah.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna meningkatkan kebersihan di lingkungan universitas gunadarma yakni dengan cara menegaskan kegiatan piket kepada mahasiswa dan memberi sanksi apabila tidak melaksanakan tugasnya dengan baik; menerapkan peraturan LISA “Lihat Sampah Ambil”; dan melakukan kegiatan gotong royong secara rutin untuk membersihkan lingkungan kampus universitas gunadarma minimal 1 minggu sekali.

Cara diatas dilakukan agar terciptanya suasana lingkungan yang nyaman dalam proses kegiatan belajar mengajar, karena semua itu tidak akan efektif apabila komponen dari system kampus tidak berjalan dengan baik. Salah satu dari komponen kampus adalah kebersihan kampus. Bukan hanya mahasiswa yang merasa nyaman jika lingkungan kampus terjaga kebersihannya, para dosen dan staf-staf lainnya juga ikut merasa nyaman.

Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan tentram dalam proses belajar mengajar seluruh keluarga besar universitas gunadarma harus turut andil dalam melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan kampus dalam rangka “Meningkatkan Kebersihan Lingkungan kampus universitas gunadarma”.

BAB III

PENUTUP

 

 

3.1   Analisa Data

Dalam rangka meningkatkan kebersihan lingkungan di universitas gunadarma ada beberapa analisa data yang mungkin bisa dilakukan diantaranya :

-Untuk menumbuhkan konsep diri mahasiswa sehingga mahasiswa dapat menjaga kebersihan lingkungan kampus, dosen bersikap empatik terhadap lingkungan kampus

-diberlakukannya kegiatan membersihkan kelas dan lingkungan kampus secara rutin 1minggu sekali.

3.2   Kesimpulan

Dari beberapa uraian yang telah dibahas sebelumnya dapat kita simpulkan yaitu seluruh  keluarga besar universitas gunadarma harus turut andil dalam meningkatkan kebersihan lingkungan agar terciptanya suasana yang nyaman dalam kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan setiap hari, serta mahasiswa harus selalu menjaga dan melaksanakan tanggung jawab untuk memenuhi komponen kebersihan lingkungan di kampus universitas gunadarma.

NAMA      : ANITA PURWATI

KELAS      : 3EA18

NPM          : 10210891

TUGAS     : SOFTSKILL

SUMBER  : WARTA KOTA

About these ads

Tentang anitapurwati

kalo kata orang baik, cantik, wangi, ceria wkwk
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s