JURNAL 1

TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN JASA RENT CAR

 

JURNAL 1

Tampaknya kini sudah bukan zamannya lagi perusahaan membeli perlengkapan kantor dan alat transportasi sendiri. Bagi kalangan perusahaan, menyewa lebih dianggap pilihan terbaik. Alasannya, mereka tak mau dipusingkan dengan urusan pemeliharaan perlengkapan kantor itu lantaran ingin fokus pada bisnis intinya.

Setidaknya, itulah salah satu kesimpulan penting dari hasil survei kecil yang dilakukan Tim Riset SWA terhadap 32 perusahaan dari berbagai industri. Dari survei itu, lebih dari separuh responden (59,38% atau 19 perusahaan) telah menggunakan jasa rental untuk menopang operasional bisnis mereka. Sementara sisanya, 13 perusahaan (40,62%), masih mengambil langkah membeli perlengkapan kantor ataupun kendaraan untuk dijadikan hak milik sendiri.

Menariknya, setengah dari perusahaan pengguna jasa rental itu umumnya memilih jasa rental mobil. Akan tetapi, jika diukur dari tingkat kepuasan, hanya 17,65% responden yang menyatakan ‚ sangat puas  terhadap layanan rental mobil ini. Menurut responden, masih banyak kebutuhan pengguna (user) yang belum disediakan oleh penyedia jasa rental mobil. Misalnya, kebutuhan akan montir yang selalu tersedia kapan pun dibutuhkan (disebutkan oleh 27,59% responden); mobil terbaru dengan kualitas mesin terbaik (17,24%); serta aneka kebutuhan lainnya seperti servis rutin & cepat, dan harga sewa murah (17,24%).

Contoh menarik dari pengguna jasa rental mobil ini adalah Bank Central Asia (BCA). Bank yang sekarang dikuasai Grup Djarum ini sejak tahun 2000 memakai jasa rental mobil untuk menopang operasional bisnisnya. Menurut Martinus B., Kepala Biro Perencanaan Logistik dan Administrasi Divisi Logistik BCA, dari total anggaran belanja BCA setiap tahun, sekitar 40% dialokasikan untuk kebutuhan alih daya (outsourcing), termasuk rental. Dari angka itu, anggaran terbesar digunakan untuk rental alat transportasi (mobil dan sepeda motor). Khusus untuk mobil, pola rental yang diterapkan BCA bukan lagi dedicated car, tetapi sudah menerapkan sistem car pooling. Maksudnya, untuk memasok kebutuhan transportasi BCA di seluruh Indonesia, maka dibuat sentra-sentra yang akan memasok kebutuhan mobil cabang-cabang BCA di suatu kota.

Pola car pooling BCA ini sudah diterapkan di Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Surabaya, Bali dan Medan. Jumlah armada di setiap pool (sentra) bervariasi tergantung pada tingkat kebutuhan, tapi minimum harus ada 20 unit mobil. Untuk memasok kebutuhan mobilnya, BCA menunjuk TRAC dan Adira Rent a Car sebagai penyedia jasa. Melalui sistem car pooling ini, pihak BCA mengaku tidak menemui persoalan seperti dikeluhkan umumnya pengguna rental mobil. Sebab, segala sesuatunya sudah ditangani penyedia jasa. Sejauh ini, kami cukup puas dengan servis yang diberikan para penyedia jasa rental. Umumnya mereka sudah memenuhi keinginan kami,ucap Martinus.

Seperti halnya mayoritas responden yang disurvei, Martinus menyebutkan bahwa menggunakan rental mobil lebih efisien ketimbang membeli sendiri. Sebanyak 30,30% responden memang menyebutkan bahwa memilih rental daripada membeli, karena alasan efisiensi biaya dan mengurangi biaya pemeliharaan; sedangkan 21,21% responden beralasan bahwa dengan memakai jasa rental bisa mengurangi risiko. “Rental sangat efisien jika dilihat dari tingkat kebutuhan dan ketersediaan barang. Dengan merental kami hanya bayar uang sewa tiap bulan, tidak dipusingkan oleh masalah perawatan, servis, dan sebagainya. Semuanya tinggal tahu beres, ungkap Martinus.

 

ANALISIS

Yang menjadi prioritas utama adalah ketetapan perusahaan untuk cepat tanggap dalam menghadapi masalah yang timbul, pengetahuan, dan keterampilan karyawan karena belum sesuai dengan harapan konsumen.

 

NAMA           :  ANITA PURWATI

NPM              :  10210891

KELAS           : 3EA18

SUIMBER        : POSKOTA

 

 

 

Tentang anitapurwati

kalo kata orang baik, cantik, wangi, ceria wkwk
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s