TEMA

PERILAKU KONSUMEN

 

TEMA

 

FENOMENA

Sejalan perkembangan pelayanan jasa di Indonesia yang Semakin hari persaingan dalam dunia bisnis kian ketat terutama di bidang pelayanan dan jasa, hal ini dapat terlihat dari segi kemunculan usaha yang bergerak di bidang jasa, bersamaan dengan hal tersebut banyak perusahaan jasa khususnya Rent Car yang sudah banyak bermunculan di daerah Bekasi dan sekitarnya sehingga membuat persaingan semakin lebih ketat. Terkadang banyak perusahaan yang bergerak pada bidang jasa dan pelayanaan kurang memperhatikan kepuasan pelanggannya. Sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa dan pelayanan harus mengutamakan nilai kepuasan pelanggannya terhadap jasa pelayanan yang telah mereka mereka berikan. Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan itu sendiri. Karena apabila ada satu saja pelanggan yang tidak merasa tidak terpuaskan maka ia dapat mempengaruhi calon pelanggan lainnya, oleh karena itu perusahaan yang bergerak pada bidang jasa dan pelayanan khususnya pada Rent Car (Rental Mobil) harus lebih mengutamakan pelayanan yang baik, baik dari segi keamanan, kenyamanan serta fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh perusahaan Rent Car itu sendiri yang dapat membuat pelanggan merasa sangat terpuaskan.

Beberapa pemodal sudah menyadari tentang peluang ini, maka para pemodal mencoba untuk melakukan kerjasama baik dengan perusahaan Rent Carnya maupun dengan pemilik usaha untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Dan juga di samping karena perusahaan Rent Car cukup menggiurkan maka tidak sedikit pula masyarakat yang mempunyai modal berencana membuka perusahaan Rent Car sendiri. Sebagai contoh kita lihat kota bekasi khususnya di daerah Harapan Indah berdiri sebuah Rent Car yang bernama CV. KATALIA RENT CAR. Pada awal berdiri perusahaan ini memang tidak begitu mencolok, namun setelah beberapa bulan kedepan CV. Katalia Rent Car ini mampu menyerap banyak pelanggan. Olah sebab itu CV. Katalia Rent Car mencoba untuk mempertahankan pelanggan barunya tersebut dengan memberikan pelayanan yang baik.

 

TEORI

kualitas layanan prima menjadi salah satu kunci dalam keberhasilan bisnis. Apabila konsumen diberikan layanan yang baik maka konsumen akan puas dan apabila puas mereka akan menjadi konsumen yang loyal. Kotler (2000); Parasuraman (1990) menyatakan bahwa kepuasan konsumen adalahtingkat perasaan seseorang setelah ia membandingkan antara kinerja yangdirasakan dibandingkan dengan harapannya.Produk atau jasa yang bisa memuaskan adalah produk atau jasa yangdapat memberikan sesuatu yang dicari oleh konsumen sampai pada tingkatcukup. Dalam konteks teori perilaku konsumen, kepuasan lebih banyak didefinisikan dari perspektif pengalaman konsumen setelah mengkonsumsiatau menggunakan suatu produk atau jasa. Jika kinerja berada di bawahharapan, konsumen tidak puas. Jika kinerja melebihi harapan, konsumen amat puas atau senang. Kepuasan yang tinggi atau kesenangan cenderung akanmenyebabkan konsumen berperilaku positif, terjadinya kelekatan emosionalterhadap merek, dan juga preferensi rasional sehingga hasilnya adalahkesetiaan (loyalitas) konsumen yang tinggi (Palilati 2007).

 

 

 

NAMA      : ANITA PURWATI

KELAS       : 3EA18

NPM         : 10210891

TUGAS      : METODE RISET

SUMBER   : POS KOTA

Tentang anitapurwati

kalo kata orang baik, cantik, wangi, ceria wkwk
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s